Semangat Agustus


« Di masa pembangunan ini – tuan hidup kembali – Dan bara kagum menjadi api – Di depan sekali tuan menanti Tak gentar. –

Lawan banyaknya seratus kali – Pedang di kanan, keris di kiri  Berselempang – semangat yang tak bisa mati.

“Ayo!”. “Ayo! Bung Karno kasi tangan mari kita bikin janji / Aku sudah cukup lama dengar bicaramu / dipanggang atas apimu, digarami oleh lautmu / Dari mulai tgl. 17 Agustus 1945 / Aku melangkah ke depan berada rapat di sisimu / Aku sekarang api aku sekarang laut / Bung Karno! Kau dan aku satu zat satu urat / Di zatmu di zatku kapal-kapal kita berlayar / Di uratmu di uratku kapal-kapal kita bertolak & berlabuh” (Chairil Anwar)

Sang waktu terus berjalan, tanpa menoleh ke belakang…
Tak terasa sudah 65 tahun bangsaku merdeka…
Kemerdekaan yang tak ternilai harganya…
dibandingkan dengan apapun di bumi ini…

Bulan ini adalah bulan dimana Soekrano dan Hatta memproklamasikan bangsa ini sebagai sebuah bangsa yang merdeka. Setelah perjuangan yang cukup panjang dengan berbagai halangan dan rintangan. Tanggal 17 Agustus tahun 1945 akhirnya bangsa ini resmi menjadi bangsa yang mandiri. Semua penjajah sudah terusir oleh semangat tanpa padam, tak tersisa satupun. sampai akhrinya dunia juga tahu dan mengakui bahwa indonesia adalah sebuah negara.

Satu hal yang patut kita syukuri sebagai generasi yang lahir pasca kemerdekaan adalah kita tidak perlu berperang menggunakan senjata. Kita tidak perlu sembunyi dibalik gua dan tidur beralaskan rumput kering. Semuanya sudah diwakili oleh pendahulu kita yang sudah mewariskan semangat agustusnya untuk generasi berikutnya.

Bukan merebut kemerdekaan, melainkan mengisi hari merdeka. Bangsa ini begitu besar, sehingga begitu banyak sekali perbedaanya didalamnya. Dahulu oleh penjajah pernah dimanfaatkan untuk memuluskan politik devide et impera nya. Memecah belah dengan mengadu domba. Akantetapi, lagi-lagi dapat kita atasi, karena memiliki satu hal yang sebenarnya cukup simpel “tujuan yang sama”

bagaimana dengan sekarang?….kita bisa membuktikannya!!!…

Advertisements