SISTEM INI MEMBUNUHKU


X-urang, itu nama dengan tulisan anak jaman sekarang, dibaca kaliurang. Sebuah daerah objek wisata di jogja bagian utara. Tepatnya, daerah ini berada di kaki gunung merapi. Seperti daerah pegunungan lainnya, udara disini selalu sejuk, atau bahkan cenderung dingin. Oleh karenanya tidak ada satupun penginapan yang memasang ac. Selain sebagai objek wisata, kali urang juga sering digunakan sebagai tempat pelatihan. Entah apa yang menyebabkan orang-orang atau lembaga apapun itu banyak yang memilih kaliurang sebagai tempat pelatihan. Mungkinkah karena udara dinginnya, sehingga otak yang panas dapat langsung tereda oleh suhu dinginnya.

Saya sih termasuk orang yang kurang nyaman dengan suhu dingin, jadi tidak pernah kerasan (betah) mengikuti pelatihan disana. Selain harus pakai sepatu lengkap dengan kaos kaki tebal sepanjang hari, saya juga harus mengenakan kaos dalam, kaos luar, dan jaket. Waww… ini sangat tidak nyaman. Anehnya orang lainpun melakukan hal yang sama, bahkan panitia juga. Anehnya lagi, panitia ini (dari salah satu lembaga pemerintah) selalu melaksankan kegiatan pelatihan di kaliurang. Hmmmm kenapa? Enath lah!

Saat saya menulis ini saya sedang mengikuti salah satu pelatihannya. Kali tidak sebagai peserta. Rencana awal akan dilaksanakan tiga hari, ternyata tidak dapat dilaksanakan dan harus puas dengan tambahan dua hari lagi. WOW….bukan berarti apa-apa, kami sebagai tim pengisi sebenarnya merasa mampu untuk memadatkan waktu. Tapi, berhubung ini mengenai administrasi yang harus dipenuhi, tidak dapat ditolak.

Mungkin ini adalah salah satu ketidak efektifan sistem birokrasi yang ada di indonesia. Atau mungkin juga ini karena memang orang yang ngurusin anggaran tidak mau repot-repot. Atau mungkin juga yang terjadi malah sebaliknya, mereka merasa kurang repot kalau cuma tiga hari. Yang pasti yang saya ketahui yang saya tulis, pelatihan ini bisa dilaksanakan selama 3 hari, akantetapi karena urusan administrasi yang menyatakan kegiatan ini harus dilaksanakan selama 6 hari. Menurut hemat saya, kalaupun harus menghabiskan anggaran mungkin akan lebih bermanfaat jika dilaksanakan untuk tambahan kegiatan lain.

Dari sini, saya tidak dapat menyimpulkan apa-apa. Selain merasakan bahwa sistem ini harus dibenahi. Terimakasih, atas segala masukan dan sharingnya. SALAM SISTEM

