Belanda ( Bukan nama sebenarnya)


Belanda yang selama ini kita kenal adalah sebuah negara. Ya itu betul, walauun nama asli sebenarnya ada Netherland. Toh tidak ada yanng protes dengan nama itu, ketika kita bilang “saya mau kebelanda” tetep aja nyampenya ke netherland. Kata Belanda dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Portugis: Holanda -> olanda -> wolanda -> bolanda -> "Belanda".

Belanda merupakan salah satu negara yang terpadat di dunia dan kebanyakan tanahnya berada di bawah permukaan laut. Belanda juga terkenal dengan dijk (tanggul), kincir angin, terompa kayu, tulip dan sifat terbuka masyarakatnya. Sifat liberalnya menjadi sebutan masyarakat internasional. Belanda juga menjadi tempat kedudukan Mahkamah Internasional. Amsterdam merupakan ibu kota Belanda dan Den Haag pusat administrasi dan kediaman Ratu Belanda.

Negara yang memiliki motto Je Maintiendrai (Perancis: "Saya akan mempertahankan"), benar-benar mengamalkannya. Walaupun sebagian tanahnya berada dibawah permukaan laut namun belanda tidak pernah mengalami masalah banjir. Inovasi terus dilakukan sehingga hasilnya sekarang sudah sesuai harapan. Salah satu contoh kecilnya – Belanda selain terkenal sebagi negara kincir angin juga masyhur dengan tulipnya. Ya bunga tulip yang awalnya hanya bungan gunung berubah menjadi komoditi eskpor yang sangat luar biasa dan telah menyumbang banyak devisa bagi negara.

Negara apakah Belanda yang mampu membuat bunga liar pegunungan menjadi industri, mengenyahkan banjir laut dan mengeringkannya sekalian untuk menjadi lahan pertanian? Negara apakah Belanda yang ilmuwan disana menemukan mikroskop yang sampai dengan saat ini sangatlah berguna bagi ilmu kedokteran dan mikrobiologi? Catatan: ilmuwan itu bernama Antoni van Leeuwenhoek, yang lukisan dirinya di Wikipedia mengenakan wig putih khas abad pertengahan. Bagaimana Belanda bisa menghasilkan pelukis-pelukis ternama dengan berbagai aliran? Dari Rembrandt sampai dengan Mondrian, siapa yang tak kenal? Bagaimana iklim usaha Belanda dapat mendorong perusahaan-perusahaan di negaranya menjadi sangat maju, sehingga Phillips mengembangkan Compact Disc yang terus berkembang menjadi Blu-Ray dan entah apalagi di masa yang akan datang? Belanda pun tengah mengembangkan teknologi eco-friendly dan renewal energy, dimana pembangunan dan teknologi menjadi ramah lingkungan, dimana isu krisis global warming dan krisis energi dunia yang menjadi agenda di berbagai negara pada saat ini.

Sejak dulu sampai dengan sekarang, dari sejak abad-abad yang telah lalu, Belanda menjadi salah satu negara yang unggul di bidang inovasi dan ilmu pengetahuan. Inovasi di Belanda adalah bahan bakar dan menjadi alat untuk pembangunan sosial, budaya, teknologi dan perekonomian negeri untuk kesejahteraan warga negara Belanda khususnya dan umat manusia di dunia umumnya, baik saat ini dan untuk masa yang akan datang.

Menurut opini saya, Belanda memiliki keunggulan di banyak bidang dikarenakan semangat dan tradisi pada inovasi di sumber daya manusia di Belanda. Mengapa? Bangsa yang unggul dan maju dalam ilmu adalah bangsa yang memiliki sumber daya yang menyadari keutamaan pendidikan adalah untuk kesejahteraan hidup umat manusia. Dan tidak lupa untuk membagi ilmu tersebut dengan bangsa lain sehingga bersama-sama menuju dunia yang lebih baik bagi penghuninya.

Advertisements