Review saya


 

Judul Menyibak tabir di balik sejarah perjuangan TGP pada masa agresi militer belanda
Penulis Anggi Laksmita Dewi
Asal sekolah SMAN I YK
Reviewer Ujang Fahmi

Ujang Fahmi

 

Temanya yang menarik untuk dikaji, saran yang pertama baca buku tentang metode penelitian sejarah. Ingat, penelitian sejarah memiliki karakteristik yang sama dengan penelitian sosial tapi juga memiliki perbedaan yang kadang dilupakan. Hati dalam pengumpulan data. Data yang digunakan adalah ingatan sesorang atau catatan seseorang. Pada dasarnya data yang digunakan sangat tipis perbedaanya antara data dan persepsi. Hal tersebut yang sering menjebak kita dalam menganalisis data.

Saya berharap, temen2 sudah memiliki data nara sumber yang akan di wawancara. Saya pastikan juga narasumber yang dipilih harus ada beberapa kriteria yang teman tentukan, antara lain misalnya seseorang yang menjadi pelaku sejarah itu sendiri, atau mungkin juga bisa memanfaatkan seorang ahli untuk pendalaman materi, sekali lagi untuk pendalaman materi ( bukan untuk menggali data) usahakan mendapatkan data dengan cara mendokumentasikan tulisan atau wawancara langsung dengan pelaku sejarahnya.

Tema sudah cukup fokus ke peran TGP dalam agresi militer belanda – saya sangsi dengan menyibak tabir, karena biasanya hal tersebut menjadi bumerang dan menyebabkan semua ingin disibak. Alhasil kesimpulannya malah menjadi bias.

Untuk selanjutnya silahkan hubungi saya dengan e-mail eppofahmi@gmail.com

Oya untuk dana – kita masih evaluasi.

