Gaddafi dan rezimnya


‘Kita tak Bisa Hidup Lebih Lama di Bawah Kejahatan Gaddafi’

Saat ini adalah tugas dari para pengkotbah demokrasi dari Barat untuk menambah tekanan kepada Gaddafi agar segera mengikuti jejak pemerintah Mesir dan Tunisia serta melepaskan kontrol terhadap negara yang ia hancurkan dan ia tindas selama berdekade.

catatan: negara ini pernah menghukum gantung seorang mahasiswa yang mengkritik pemerintah.

Berdarah Yahudi, Israel Siap Beri Suaka Politik Khadafi

Kanal Dua Televisi Israel mengungkapkan bahwa sebelum nenek Khadafi menikah dengan seorang kepala suku Arab, ia sempat menikah dengan seorang lelaki yahudi hingga melahirkan seorang anak perempuan yang tak lain adalah ibu kandung Khadafi. Dengan demikian menurut hukum Israel, Khadafi masih berstatus sebagai keturunan yahudi.

Lewat Twitter, Chavez Beri Dukungan Gaddafi

Chavez adalah sekutu utama Gaddafi di Amerika Latin. Kedua pemimpin itu secara reguler mengecam “imperialisme” Amerika Serikat dan saling mengunjungi dalam tahun-tahun belakangan ini.

EU Setujui Embargo Senjata dan Pembekuan Aset Terhadap Libya

Negara-negara Uni Eropa Jumat sepakat untuk menjatuhkan embargo senjata, pembekuan aset dan larangan perjalanan terhadap Libya dalam satu paket sanksi yang dirancang untuk meningkatkan tekanan terhadap rezim Muamar Gaddafi. Sanksi terhadap Gaddafi itu, yang juga mencakup embargo terhadap pemberian perlengkapan penegakan hukum pada Tripoli yang mungkin akan digunakan untuk menindak keras demonstran, akan mulai berlaku dalam beberapa hari setelah dirancang secara sah.

catatan: libya adalah pemasok minyak terbesar ketiga untuk eropa. Hubungan libya dan uni eropa mulai meningkat sejak tahun 2004 walaupun libya tidak memenuhi syarat untuk menjalin hubungan (bersih dari pelanggaran HAM).

Utusan Libya Desak ‘Resolusi Berani dari DK PBB

Utusan tetap Libya untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa, Abdurrahman Mohamed Shalgham pada Jumat mendesak “resolusi yang berani” dari Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk “menyelamatkan Libya”. “PBB, tolonglah, kami membutuhkan resolusi yang berani dari anda,” kata Shalgham ketika melakukan pertemuan dalam rapat terbuka 15 anggota Dewan Keamanan.

catatan: AS dengan mudah mengeluarkan veto untuk iran dan terutama dengan negara-negara yang tidak memiliki hubungan yang menguntungkan, bagaimana dengan libya? bisa dilihat kedepan apa yang akan terjadi.

AS akan Jatuhkan Sanksi kepada Libya

“Kami akan memprakarsai serangkaian langkah pada tingkat unilateral dan multilateral untuk menekan rezim di Libya agar menghentikan pembunuhan atas rakyatnya sendiri,” katanya, setelah pasukan pemerintah Libya menembak mati demonstran dalam bentrokan di ibukota Tripoli.

Pemerintah Obama mengatakan sebelumnya mereka sedang mempelajari opsi yang mencakup sanksi, pembekuan aset, zona larangan terbang di atas Libya dan aksi militer. Carney berbicara setelah sebuah feri yang disewa dan sebuah pesawat yang mengangkut warga Amerika dan lainnya meninggalkan Tripoli.

Advertisements