THE PURSUIT OF HAPPYNESS


The Pursuit of Happyness mengisahkan jalan hidup Chris Gardner (Will Smith), yang berliku-liku dalam mencari dan akhirnya mendapatkan kebahagiaannya menjadi seorang milyuner.
Chris merupakan seorang yang pandai dan berbakat, namun ia tidak mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan talentanya. Pada tahun 1980-an Chris bekerja sebagai salesman alat kedokteran (scanner kepadatan tulang, seperti X-Ray), yang setiap hari harus mengetuk pintu dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya. Chris sedapat mungkin harus bisa menjual alat tersebut beberapa buah setiap bulannya untuk menghidupi istri dan putranya.
Cobaan terus mendera Chris. Setiap hari dia juga harus menghadapi tagihan uang sewa apartemen tempat keluarganya tinggal, yang sudah terlambat membayar selama 3 bulan. Keadaan keuangan yang serba kekurangan ini membuat istrinya (Thandie Newton) tidak lagi kuat untuk hidup di bawah tekanan seperti itu, sehingga ia meninggalkan Chris dan putra semata wayang mereka, yang masih berusia lima tahun, Christopher (Jaden Smith).
Keadaan semakin menjadi bertambah berat ketika Chris juga harus kehilangan tempat tinggal, mereka diusir karena tidak bisa membayar tagihan apartemen. Chris dan anaknya terpaksa harus tidur di sebuah kamar mandi di stasiun kereta dan bertempat tinggal sementara di sebuah gereja, bersama puluhan tunawisma.

Bagaimanakah selanjutnya, apa yang terjadi sehingga Chris Gardner bisa menjadi seorang milyuder???

Jawabannya adalah YA

Banyak sekali orang yang memiliki kemampuan baik tapi tida memiliki nasib yang baik. Mungkin itu yang ingin ditegaskan dalam film ini. Seorang ayah yang berjuang mendapatkan pekerjaan untuk menghidupi keluarganya. Mulai dari menjadi sales sampai menjual darahnya sendiri ia lakukan. Sangat mengharukan dan menginspirasi, ketika sebagian yang lain yakin akan keberuntungan ia tetap bekerja keras dan pantang menyerah.

Jangan pernah biarkan orang lain mengatakan padamu, bahwa kau tidak bisa melakukan apapun. Jika kau punya impian, kau harus menjaganya. Orang yang tidak dapat melakukan apapun untuk dirinya sendiri, mereka akan mengatakan padamu, bahwa kau tidak melakukannya. Jika kau menginginkan sesuatu, gapailah itu. Titik.

Advertisements