Si udin dan tukang roti


Si "udin" bukan tukang roti

Tukang roti itu tidak pernah tahu apa dan bagaimana perannya dalam kasus ini. Ia berjualan seperti hari – hari biasanya. Menyusur jalan dan gang dengan penuh semangat menayuh pedal gerobaknya. tidak lupa ia membunyikan suara khas tanda kehadirannya. Suaranya sangat khas, bahkan melebih roti yang dia bawa. Si tukang roti tidak pernah tahu, kalau ternyata kehadirannya menjadi sebuah tanda, yang kemudian ramai diperbincangkan di media.

Sesuatu yang tidak pernah ia perhatikan, kasus hukum dan politik kini secara tidak disadarinya ia memiliki peran didialmnya. Kehidupannya sebagai penjual roti keliling sudah dirasa cuku, mengingat susahnya mendapatkan pekerjaan di negara yang besar ini. Ia dengan seorang isteri dan dua anak menjadi keluarga ideal sesuai anjuran keluarga berencana. Pepatah lama yang menyebutkan banyak anak, banya rejeki sudah ia tinggalkan. Susah payah dia meyakinkan isterinya untuk ikut KB, walaupun alasannya agar tidak menambah beban tanggung jawabnya sebagai kepala keluarga, tetap saja ia mematuhi program kebijakan pemerintah negara besar ini.

Didepan sebuah rumah sederhana, dengan halaman yang cukup luas dia berhenti. Untuk beberapa saat, hanya melayani satu pembeli. Dalam hitungan menit saja, tidak sampai 3 mungkin, ketika dia mulai mengayuh lagi pedal roti dengan suara khas. Benar-benar 3 menit yang mengubah semuanya.

Ketika rekaman itu berdar didunia maya dan dengan cepat tersebar luas. Media langsung memburunya, dia menjadi terkenal, dan kini ia sudah tidak bisa lagi menjual roti. Waktunya dihabiskan untuk melayani pertanyaan wartawan yang ingin mendapatkan kisah dan fotonya. Benar-benar dunia yang sama sekali berbeda. Beberapa detik yang mengubah jalan dan cerita hidup yang sebelumnya telah ia buat.

Sementara, Udin sibuk fokus kekamera. Selain terkenal sebagai pembuat skenario cerita yang menarik ia juga seorang tokoh yang pandai berakting. Namun sayang dalam garapan terakhirnya ia mendapat tokoh tak diundang. Namun dasar udin, tetap laku dan bahkan menjadi filmnya menjadi hits. Namun dia adalah seorang perfectionist, dia tidak mau ada kesalahan sedikitpun dalam karyanya. Walau sudah hits, dasar udin, dia bisa menata kembali cahaya yang sesuai untuk kualitas gambarnyaa. Tujuannya satu, menyamarkan suara khas si tukang roti yang sudah terlanjur terekam.

Advertisements