Toko Laci


Korupsi benar-benar telah menggrogoti kesehatan kebangsaan bangsa ini. Tidak peduli siapa dan dimana, korupsi itu nyata adanya. Berbagai upaya yang dilakukan untuk memberantas dan hukuman yang dikenakan tidak jua memberikan efek jera. Semakin tua tidak semakin matang, malah kembali menjadi belia yang masih suka mencoba-coba. Coba saja bubarkan KPK dan lalu korupsi merajalela.
Ide membubarkan KPK mungkin ide yang nyeleneh ditengah suburnya korupsi, bukan berarti si pencetus tidak memiliki alasan yang harus dihargai. Setiap orang memang memiliki hak kebebasan berbicara, sudah seharusnya seperti itu dalam negara yang menganut demokarasi. Namun jika alasan ketidak efektifan, logika mengungkapkannya mungkin bisa lebih ditata. Misalnya: mengungkapkan terlebih dahulu lembaga baru yang bisa dibentuk, sistem baru yang dapat dijalankan, atau elemen apa saja yang akan dilibatkan.

Menangkap koruptor itu memang sulit, banyak sekali cara dan juga sumberdaya yang dimiliki koruptor untuk lolos dari jeratan hukum. Untuk itu, selain upaya verbal melalui pelacakan dan penangkapan terus dilakukan dengan berbagai cara termasuk penyadapan, perlu juga membahas sebuah sistem sehat dan kuat yang dapat memperkecil peluang seseorang melakukan korupsi. Saya jadi inget pepatah simpelnya bang napi “ingat, kejahatan itu bukan semata karena ada niat, tapi juga karena ada kesempatan.

Dalam dunia birokrasi yang tidak sepenuhnya saya pahami ini, pencairan dana merupakan sesuatu yang sangat sulit. Setidaknya kelihatan seperti itu. Walaupun semua kuitansi dan kontrak proyek sudah lengkap. Sangat tidak dapat dipahami kalau ada satu lembaga yang menjalankan sebuah proyek akantetapi dananya belum keluar. Lalu setelah proyeknya kelar baru bisa mencairkan dana, itu pun susah. Ini kenapa?.

Kuitansi kosong yang harus diisikan dengan stempel dan tanda tangan. Itu untuk apa? Coba cek laci-laci pejabat apakah ada yang punya toko photo copy, jasa pengangkutan, dan atau persewaan. Lacinya adalah bisnisnya!!! Toko laci

Posted with WordPress for BlackBerry.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements