Pantai ngandong, Gk


Setelah kurang lebih 8 jam, akhirnya tim menyelesaikan tugas mengisi materi pengenalan sebuah program. Mengingat matahari sudah mulai terbenam, akhirnya tim memutuskan untuk tidak pulang ke kota dan memilih untuk menyewa sebuah cottage di pinggir sebuah pantai yang terletak disebelah selatan kabupaten Gunung Kidul.
Ngandong adalah nama pantainya. Pantai berpasir putih ini walaupun tidak terlalu luas, masih menyisakan tempat untuk pengunjung yang mau bermain dengan ombak. Bagi yang beruntung bisa bangun pagi, ada beberapa nelayan yang mau ditumpangi jika pengunjung mau merasakan sensasi berlayar dilaut selatan. Nelayan biasanya berangkat antara jam 5 – jam 8 pagi, untuk mengangkat jala yang sudah dipasang sebelumnya.
Batuan karang yang menjulang juga menjanjikan sensasi pemandangan yang memanjakan penglihatan. Di samping kiri dan kanan bisa melihat hamparan pasir di pantai yang berderet panjang, menakjubkan. Pantai-pantai di Gunung kidul memang banyak sekali, dan rata-rata hanya dipisahkan oleh karang satu sama lainnya. Namun tidak semua pantai disana ada penginapannya. Pantai ngandong hanya beberapa saja dari sekian banyak pantai indah di Gunung Kidul yang memiliki fasilitas tersebut.
Tim sagasitaspun tidak mau melewatkan detik demi detik di pantai ini. Sejak datang sampai menjelang pulang, masing – masing masih sibuk dengan kegiatan berbeda-beda. Ada yang sibuk dipantai, ada yang cuma duduk ngobrol, dan ada juga yang menikmati makanan khas pinggir pantai.
Yan dan Matin misalnya, sejak datang mereka sudah sangat sibuk mempersiapkan diri untuk mengamati biota laut yang ada di pantai ini. Karena tidak ada rencana untuk mampir apalagi untuk menginap dipantai sebelumnya, alat penerangan pun tidak ada. Untung saja ada warung/toko yang menjual lampu senter. Angin yang tidak terlalu besar membuat suasana malam cukup nyaman untuk sekedar ngobrol di bangku-bangku yang tersedia dipinggir pantai. Topik obrolan pun sangat beragam, dari hal sepele sampai hal yang berbau poltik, ideologi dan konspirasi dapat menghangatkan suasana sampai tengah malam.
Beda lagi dengan zul dan azmi, kedua bersodara ini tampak asik sekali dengan pantai dan laut. Setelah paginya ikut melaut, sepulangnya mereka langsung berenang dipantai yang bersih sampai menjelang siang. Sebagai penutup akhirnya tim memesan kepiting sebagai menu makan siang. Tidak mahal tapi berkelas. Begitulah kesan dari pantai ini.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements