Supernova 4: "Partikel" dee


Partikel Dee LestariPenantian panjang para pembaca setia serial Supernova karya Dewi “Dee” Lestari akhirnya tuntas. Delapan tahun setelah serial Supernova sebelumnya, Petir, terbit pada tahun 2004, episode keempat serial novel laris Supernova yakni Partikel diterbitkan tepat pada tanggal 13 April 2012 ini.

Sebagaimana tema serial Supernova yang sarat dengan perenungan spiritualitas, Partikel juga mengulas hubungan antara manusia dan lingkungan dalam konteks spiritual. Dibungkus dalam kisah fiksi yang memikat dan adiktif, Partikel akan membawa pembaca ke dalam petualangan tokoh utamanya, Zarah, seorang anak kelahiran Kota Bogor yang kemudian bertualang jauh hingga ke London.

Dari karya-karyanya selama ini, sudah merupakan ciri khas sekaligus keahlian Dee untuk meramu berbagai topik kontemporer dengan refleksi makna hidup yang dalam. Dari mulai topik etnobotani, mikologi, fotografi, UFO, hingga isu orang utan dan konservasi hutan, ikut mewarnai Partikel. Hadir dalam 500 halaman, Dee berharap Partikel bisa memuaskan pembacanya.

Partikel dirilis serempak di toko-toko buku se-Jawa Bali pada tanggal 13 April 2012 tepat pada pukul 04.44 sore. Angka-angka yang tentunya tidak dipilih sembarangan. “Karena ini Supernova 4, jadi kita merayakannya dengan serba empat,”jelas Dee.

Gaung peluncuran Partikel dan pemesanan on-linememang sudah terasa kencang di Twitter dan Facebook. Untuk jalur toko buku, kejutan pun disiapkan, antara lain dengan pemunculan ‘Alien’ yang ikut berjualan buku.

Ikut mengiringi rilisnya Partikel, ketiga serial Supernova sebelumnya yakni Kesatria, Putri dan Bintang Jatuh (KPBJ), Akar, dan Petir, ikut diterbitkan ulang dengan sampul baru. Dee kembali bekerja sama dengan penerbit Bentang Pustaka yang juga telah menerbitkan dua karya Dee sebelumnya yakni Perahu Kertas dan Madre.

Hadirnya Partikel sebagai salah satu buku yang paling diantisipasi untuk 2012 ini semakin memperkuat posisi Dee sebagai penulis papan atas Indonesia yang sepanjang kariernya konsisten mencetak buku-buku best-seller. Partikel akan menjadi buku Dee yang kedelapan.

sumber:  mizan

halaman ke 1 : catatan kecil saat langit kelabu di taman bambu

Engkaulah keheningan yang hadir sebelum segala suara

Engkaulah lengan tempatku berpulang

Bunyimu adalah senyapmu

Tarianmu adalah gemingmu

Pada bisumu, bermuara semua jawaban

Dalam hadirmu, keabadian sayup mengecup

saput batinku meluruh

Tatapmu sekilas dan sungguh

Bersama engkau, aku hanya kepala tanpa rencana

Telanjang tanpa kata – kata

Cuma kini

Tinggal sunyi

Dan, waktu perlahan mati

– Selamat membaca PARTIKEL –

Advertisements