Ngabuburit ngartjog aja


Sore hari kemaren, sambil nagbuburit saya mampir ke taman budaya yogyakarta di bilangan malioboro. Kebetulan banget disana juga pas ada artjog. Nah disana dipamerkan berbagai karya seni yang super duper bagus menurut saya. Yah walaupun saya sendiri mengakui bukan orang seni dan juga tidak termasuk orang yang mengerti seni, tapi merasa sangat kagum dengan karya-karya yang dipajang disana. Sayangnya saya hanya mengenal dan cukup familiar hanya dengan satu saja seniman yang menampilkan karyanya disana, yaitu andre tanama. Itu juga kebetulan karena saya memiliki buku the tales of gwent sailent yang tidak lain adalah bukunya ander tanama sendiri yang menceritakan cerita dibalik karyanya.

Andre tanama

Karya Andre Tanama di artjog 2012

2

3

 

 

 

 

 

 

 

Nah kalau gambar diatas itu adalah pintu gerbangnya yang terbuat dari bambu semunya. Didepannya juga ada sebuah patung hewan sejenis kura-kura yang nangkring diatas tumpukan krikil kelapa kering.

45

 

 

 

 

 

 

 

Manusia ditentukan oleh apa yang ada didalam kepalanya (pikirannya) mungkin hal itu yang ingin ditampilkan dalam karya sebeleh kiri dan gambar selanjutnya mobil penganguk barang (utk menata dan entah itu apa namanya, saya tidak tahu) ga tahu maksudnya apa. Sebelah kanan adalah miniatur pesawat yang terbuat dari seng (mungkin) yang compang camping seperti habis terkena peluru. Uniknya dalam badan peswat tersebut tergambar potongan cetakan-cetakan koran. Hmmm artinya apa ya? mungkin independensi media yang compang camping oleh kekuatan uang. Mungkin.

6

7

 

 

 

 

 

 

 

8

9

 

 

 

 

 

 

 

10

11

 

 

 

 

 

 

 

Itu hanya sebagian saja, lebih afdolnya silahkan datang sendiri mumpung masih ada waktu. Artjog di TBY sampai tanggal 28 juli 2012.

