I Love Blogging


blogging imageSaya sudah kenal dengan dunia blog sejak sma, yaitu sekita 8 tahunan yang lalu. Awalnya hanya ikut-ikutan saja membuat blog, tempatnya juga berbeda-beda. Awalnya saya buat di bloger, karena kata temen-temen disitu lebih mudah dan lebih enak buat pemula. Saya sih ngikutin aja, toh saya juga nggak tahu yang mudah itu gimana dan yang sulit juga gimana. Intinya punya blog, itu saja. Selanjutnya saya mulai ngeblog di tempat lain, yang saya ingat namanya sih wordperess doang, yang lainnya lupa, karena memang nggak terlalu familiar buat telinga saya. Hehe maklum bukan anak IT dan sampai sekarang akhirnya saya lumayan aktif di wordpress saya yang beralamat www.fahmisme.wordpress.com

Selain itu, saya juga ikutan bikin account di kompasian dan juga blogdetik. Nah walaupun saya mulai negblog sudah sejak lama sekali, saya bukan termasuk orang yang serius menekuni aktifitas ini. Saya banget memang, kalau mendengar temen yang cerita dengan blog bias bikin rumah dan lain sebagainya. Setelah saya sedikit merenungkan aktifitas blog saya, ternyata saya kemungkinan besar di dapat digolongkan kedalam bloger galau, yaitu ngeblog yang hamper tidak memiliki tujuan buat apa selain untuk menyalurkan hasrat untuk menulis dan sedikit berbagai di dunia maya.

Makin kesini dunia maya semakin maju, bahkan mungkin lebih maju dari dunia nyata. Setidaknya beberapa kejadian besar yang terjadi di dunia sekarang diawali dari dunia maya, termasuk didalamnya adala para blogger. Seperti kita kitahui bersama, apa yang terjadi di timur tengah dan afrika utara beberapa waktu yang lalu diawali dari dunia maya yang kemudian meledak didunia nyata. Bahkan ya, sekarang ini hamper tidak ada perbedaan lagi antara dunia maya dan dunia nyata.

Setalah lumayan lama di dunia perblogan ini, saya banyak mengamati blog-blog temen saya sendiri dan juga blog-blog lainnya. Dari itu semua akhirnya saya sampailah pada sebuah kesimpulan untuk membuat sebuah pengelompokan para blogger. Dari pantauan saya (blog walking) terhadap teman-teman cewe yang punya blog, mereka kebanyakan mengisi blognya dengan tulisan tentang kehidupannya sehari-hari. Misalnya, ada yang baru putus dengan pacarnya kemudian dia menuliskan sebuah cerita cinta dengan awal yang indah dan pertemuan yang magis kemudian berakhir tragis. Sunggu memilukan. Ada juga yang mengisinya dengan foto-foto sesuai dengan kesukaannya masing-masing, seperti makanan, tempat makan, dan jalan-jalan kemudian foto-foto dijalan sambil manyun atau foto artis korea kesukaannya.

Beda lagi dengan teman-teman cowo yang punya blog. Mereka kebanyakan tidak seterbuka temen cewe dalam menuliskan pengalamannya dalam blog. Kebanyakan dari mereka membuat blog dan mengisinya sesuai dengan bidang kuliah atau minatnya. Misalnya temen saya yang kuliah di IT membuat sebuah blog tentang computer semuanya, dari mulai tips dan trik beli gadget sampai bagaimana caranya mengurus batre dan charger. Lain lagi dengan yang kuliah di komunikasi. Mereka kebanyakan mengisinya dengan komentar tentang iklan, atau draft film pendek yang akan di buat.

Sungguh indah melihat semuanya dapat ditemukan di dunia maya tanpa perlu susah-susah jalan kemana atau bertanya sama siapa. Belum tentu lho ketika kita bertanya tentang bagaimana mengurus gadget yang baik ke anak IT secara langsung diang akan menjawabnya secara langsung, malah kemungkinannya kita akan dikasih sebuah link ke web atau blognya.

Nah kalau saya berada dimana? Jujur saya pernah menulis tentang pengalaman pribadi di blog dan juga yang sesuai bidang kuliah saya yaitu ilmu politik. Jadi saya termasuk blogger campuran. Tapi untungnya di dunia perbloggan ini kita bebas menjadi siapa saja yang kita mau, merdeka yang sempurna pokoknya. Hehehehe…. Tapi, kalau mau lebih serius lagi sebaiknya ngeblog juga memiliki tujuan ketika pertama kali membuatnya. Toh tujuan untuk membuat sebuah blog asal-asalan saja juga gak masalah dan sah dan halal pastinya. Dari segi tujuannya dan isinya mungkin kita dapat membedakan beberapa jenis blog seperti berikut:

1. Blog untuk dapat uang, nah yang ini saya tidak memiliki cukup pengetahuan. Biasanya isinya tentang hal umum yang banyak dicari oleh semua orang. Misalanya: Blog shop, atau dapat juga blog dengan tema tertentu dengan kriteria yang sama.

2. Blog minat, dibuat berdasarkan minat pembuatnya sperti bidang computer, game, gadget, bahkan politik.

3. Blog galau, biasanya isinya tentang kegalauan pribadi

4. Blog fans sejati, biasnya fans bola atau fans artis yang sejati, isinya segala macam foto dan pernak pernik yang berhubungan dengan idolanya tersebut.

Beberapa waktu yang lalu saya sempat menonton video TED dari Michael Anti dengan judul Behind The great firewall of china yang menjelaskan bagiamana kebijakan pemerintah china tentang internet dan juga kekuatan para blogger yang dapat mengubah dunia. Disana anti menceritakan banyak hal tentang blogging dan kekuatannya. Di akhir dia juga menyampaikan simpulan yang cukup menarik sebagai berikut: hundreds of millions of microbloggers are in fact creating the first national public sphere in the country’s history, and shifting the balance of power in unexpected ways.

Jadi para bloggers apapun isinya punya peluang untuk menjadi sesuatu yang dicatat dalam sejarah.

Advertisements