Indonesia masih negara kaya


Siapa yang mengatakan sumberdaya alam indonesia kini sudah terkuras habis? Mungkin saya juga termasuk salah satunya yang beranggapan demikian. Tapi itu dulu. Sebelum saya melihat video TEDx Jakarta atau UI, tentang Nanoteknologi.

Apasih “NANOTeknologi” yang pasti ini bukan bidang saya,hehe… tapi dari hasil googlingan ini adalah definisinya: Ilmu dan rekayasa material, struktur fungsional maupun piranti dalam skala nanometer (10 pangkat -9). Hasil akhir riset bidang nanomaterial adalah mengubah teknologi yang ada sekarang yang pada umumnya berbasis material skala mikrometer menjadi teknologi berbasis pada materia skala nanometer.

Begitulah definisinya, lalu bagaimana Indonesia tetap kaya raya dari persfektif Nanoteknologi? Silahkan lihat Video ini: Indonesia From A Nanotechnology Perspective

Sebagai contoh. Tinta printer atau toner yang biasa dipake untuk printer laser atau yang cepet itu berasal dari pasir besi. Harga toner itu 100rb sementara harga pasir besi cuma 100 rupiah saja. Tapi, sayangnya di negara kita teknologi ini belum berkembang.

Yah gimana lagi, semoga akan berkembang dalam waktu yang tidak lama. Sebelum semuanya terlambat. Semoga pemerintah sadar, teknologi apa yang harus dikembangkan, dan kita juga sadar potensi yang dimiliki.

Sudah lah ya, kita tidak dapat selalu mengharapkan pemerintah. Kita juga harus sadar diri, hehehe

Advertisements