Langkah Kecil


for you

Sejak awal aku tahu bahwa aku akan mendapatkan banyak pertanyaan. Bahkan untuk pertanyaan kecil yang sebenarnya aku pikir kamu tidak perlu menanyakannya. Kamu dapat memikirkannya sebentar dan mendapatkan jawabannya. Namun itulah kamu. Orang yang selalu ingin kuberikan jawaban setiap kali mengajukan pertanyaan. Bohong jika aku mengatakan tidak pernah bosan, namu aku pun seolah menjadi pelupa dan bersedia menjawab pertanyaan yang sama. Bosan buatku hanya salah satu cara untuk terus membuatmu ada dipikiranku. Sama seperti ketika aku menjauh hanya untuk merasakan bagaimana aku akan merindukanmu.

Sejak awal, aku sadar bahwa kita tidak hanya akan melewati hari-hari dengan tawa, namun juga pasti akan ada tangis. Kita bukan manusia yang sempurna kan? yang dapat mengerti dan memahami segala hal. Perselisihan kecil kadang terjadi, membuatmu marah, dan aku juga ikutan marah atau sebaliknya.

Sejak awal, aku sadar bahwa kita memiliki perbedaan. Tetapi adakah dua makhluk yang benar-benar sama? Bagiku, mencintaimu adalah mempertahankan diriku seperti apa adanya dan membuatmu menjadi dirimu sendiri. Bagiku, mencintaimu adalah memahamimu dengan caraku dan membuatmu dapat memahamiku dengan caramu. Bagiku, mencintaimu seperti meminum kopi, merasakan pahit untuk kemudian mengerti arti manis. Bagiku, jatuh cinta kepadamu bukan pilihan, karena memang aku tidak memiliki cara lain selain mencintaimu.

Biarlah perbedaan kita tetap ada, perselisihan tetap terjadi, dan biarlah rentang waktu memberikan kita pelajaran tentang cara mencintai. Karena bagiku tawa dan tangis, sedih dan senang bersamamu, semua memiliki makna.

tumblr_m4nqezBI5h1r6vu5jo1_400

Angka satu memang bukan apa-apa, hanya sebuah angka kecil. Tetapi aku yakin dan aku berdo’a ini angka pertama yang akan mengawali angka-angka selanjutnya. Selamat hari jadi sayang, love u as always.

