Film Anti Korupsi


Ada-apa-dengan-pajak_thumb.jpgSekarng, film bukan hanya menjadi media hiburan saja. Tetapi film juga dapat dijadikan sebagai media komunikasi, provokasi, dan bahkan dapat pula dijadikan sebagai alat doktrinasi. Kenapa demikian? karena orang cenderung tidak sadar dalam menerima doktrin atau orang cenderung lebih dapat menilai tentang informasi yang dia dapat dibandingkan dengan informasi yang dia dapat dari media massa. Hal ini didasari oleh adanya penurunan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap media massa yang ada.

Masyarakat mungkin sudah mulai bosan dengan berita yang disajikan media massa, yang sangat kental dan syarat kepentingan kelompok atau individu. Selain itu, berita – berita yang hadir didominasi oleh berita kriminal atau gosip murahan dari kehidupan selebritis saja. Yang kadang berita itu sendiri tidak melalui proses verfikasi yang memenuhi standar media. Tetapi di film, ketika orang mendapatkan informasi dalam bentuk fiksi justru dapat mengembangkan wacana sendiri dalam pikirannya, menghubungkan dengan pengalaman yang dialaminya dan akhirnya dapat membuat sebuah penilaian untuk setuju atau tidak. Prosesnya seperti sangat alami kan?

Sebagai contoh kita dapat melihat apa dan bagaimana dampak dari film 2012 yang menceritakan tentang suatu hari yang disebuat kiamat. Dalam film ini di gambarkan bagaimana bumi hancur dan bagaimana manusia dapat selamat dari kehancuran tersebut. Akhirnya, dalam kehidupan nyata pun banyak orang yang sengaja membuat persiapan untuk menghadapi hari seperti itu dengan membuat berbagai alat yang dianggap mampu untuk bertahan hidup.

Selain itu, bukan rahasia lagi jika sudut pandang dalam pembuatan film – film dari barat sudah membentuk sebuah opini publik barat itu sendiri. Dalam segala hal, termasuk tentang budaya atau kehidupan timur/ bukan barat. Minimal terpengaruh oleh sudut pandang dalam film.

Kalau dampaknya dapat seperti itu, kenapa tidak membuat film tentang korupsi?. Korupsi sudah sangat parah, bukan hanya di Indonesia tapi juga untuk dunia. Banyak yang dirugikan oleh para koruptor ini baik secara materi maupun imateri. Keberadaanya adalah sebuah fenomena, namun sepertinya belum tersentuh oleh para cineas kita atau dari mana saja, yang penting ada. Saya pikir sangat penting untuk diketahui bagaimana korupsi itu terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Filmnya terserah dari sudut pandang mana saja dan genre apa saja. Komedi kalau bisa juga tidak apa-apa. Horor juga boleh, misal ajab sang koruptor pajak. Atau yang detektif-detektif juga menarik. Terutama buat saya.

Advertisements