Dewi Lestari


dee books

Dewi Lestari Simangunsong yang akrab dipanggil Dee (lahir di Bandung, Jawa Barat, 20 Januari 1976; umur 36 tahun) adalah seorang penulis dan penyanyi asal Indonesia. Lulusan jurusan Hubungan Internasional Universitas Parahyangan ini awalnya dikenal sebagai anggota trio vokal Rida Sita Dewi. Sejak menerbitkan novel Supernova yang populer pada tahun 2001, ia juga dikenal luas sebagai novelis.

Eksistensi dee sebagai penulis sudah tidak diragukan lagi. Banyak penghargaan sudah ia kumpulkan untuk karya-karyanya. Namun bagi para pembacanya semua penghargaan tersebut tidak lebih berarti dari cerita yang disuguhkan. Semua orang bisa menulis, namun tidak semua orang bisa mendelete. Mungkin itulah yang dilakukan oleh dee, selain ia handal dalam memilih diksi yang tepat, ia juga memberikan cerita dengan karakter-karakter yang kuat. Semua ceritanya mengalir dan kadang seperti memiliki daya garvitasi tersendiri sehingga membuat pembaca tidak akan melewatkan satu kalimat atau satu katapun. Semua yang tersaji sudah bersih dan siap dikonsumsi. Itulah karya Dewi Lestari.

Tidak mengherankan ketika seorang Goenawan Mohamad (sastrawan dan salah satu pendiri tempo) mengatakan bahwa dee adalah sebuah tangkisan. Dee membuktikan bahwa tak ada “sastra wangi”. Alih – alih membicarakan tentang kecantikan yang elegan, dee lebih banyak menuliskan tentang pengetahuan dan penghayatan yang mendalam tentang kehidupan. Bukan parfum dan erotisme yang membuat tokohnya memiliki daya tarik, melainkan kekuatan karakter dan pemilihan kata yang tepat menyusun alur cerita yang memikat.

Dee adalah sebuah pemandangan yang harus dinikmati semua orang. Melalui karya ia berbagi pengalaman, ketertarikan dan pengetahuan. Pelajaran tentang fungi dapat begitu mengasyikan untuk digali. Begitulah seharusnya pelajaran, dapat menggugah menggugah rasa penasaran. Lewat kata dalam tulisannya, dee kadang menjadi guru, namun kadang menjadi teman yang senantiasa dapat berbagi rasa. Dee adalah orang yang konsisten dan berdedikasi dalam setiap langkahnya. Jadi wajar jika beberapa penghargaan pribadi pantas untuknya seperti yang berikut ini:

Top 5 Khatulistiwa Award 2001, Top 10 Khatulistiwa Award 2003, Top 5 Khatulistiwa Award 2006, Karya Sastra Terbaik 2006 Majalah Tempo, Writer of the Year 2008 Prestige Magazine, Top 99 Most Influential Women 2008-2010 Globe Asia Magazine, Most Outstanding Woman 2009 Kementrian Pemberdayaan Perempuan, #1 Most Acknowledged Female Writer 2009 – Metro TV National Polling, Top 10 Khatulistiwa Award 2010.

Advertisements